Yayasan Sosial

gurudwara guru nanak

Bhagat-bhagat Sikh

 

Sikh Bhagat adalah orang-orang suci dari berbagai aliran agama (sect) yang ajarannya ada di Sri Guru Granth Sahib, buku suci agama Sikh. Kata “Bhagat” berarti pengikut dan berasal dari bahasa Sanskrit yaitu “Bhakti” yang berarti ketaatan/kebaktian agama dan cinta. Berikut adalah daftar Bhagat yang ajarannya ada di Sri Guru Granth Sahib.

Bhagat Kabir

Bhagat Kabir (1440-1518) adalah penyair dan santa dari India yang telah mempengaruhi gerakan Bhakti dari ajaran beliau. Bhagat Kabir ditemukan dan diadopsi oleh penenun Muslim yang bernama Niru dan istrinya bernama Nima di Varanasi. Waktu Bhagat Kabir masih muda beliau bertemu dengan Bhagat Ramanand di Sungai Ganga dan kemudian menjadi pelajar di ashram Bhagat Ramanand. Selain mempunyai pengaruh yang besar di Sikhisme, karya tulisnya termasuk Bijak, Sakhi Granth, Kabir Granthawali dan Anurag Sagar.

 

Bhagat Ramanand

Bhagat Ramanand lahir di Uttar Pradesh, India sekitar tahun 1400. Ia lahir dari keluarga Hindu dari kasta Brahmin. Dari masa muda beliau tertarik dengan segi rohani dan mempelajari ajaran Hindu. Beliau kemudian mempengaruhi gerakan Bhakti. Bhagat lain yang banyak belajar dari Bhagat Ramanand termasuk Bhagat Kabir, Bhagat Pipa, Bhagat Ravidas dan Bhagat Sain. Bhagat Ramanand menerima pelajar dari kasta apapun. Syair Bhagat Ramanand di Sri Guru Granth Sahib berjudul Raga Basant yang bercerita tentang beliau menemui dan berkorban demi Guru Kebenaran.

 

 

Bhagat Sheikh Farid

Bhagat Sheikh Farid adalah pendeta Sufi di abad-12 dan juga santa dari Orde Chishti. Beliau mempengaruhi bahasa Punjabi agar digunakan untuk kesusasteraan. Guru Nanak bertemu dengan Bhagat Sheikh Farid dan kemudian memasukkan 112 saloka dan 4 nyanyian pujian (hymne) dari B?b? Farid.

 

 

 

Bhagat Ravidas

 

 

 

Bhagat Ravidas adalah pembaharu, pemikir, penyair, budayawan dan figur spiritual di abad-15 yang aktif di Uttar Pradesh dan Maharashtra, India. Beliau percaya bahwa setiap orang mempunyai hak untuk memuja Tuhan dan membaca kitab tanpa perbedaan kasta. Guru Nanak menerima permintaan Bhagat Ravidas untuk memasukkan syair karangannya ke Sri Guru Granth Sahib (ada 41 syair karangan Bhagat Ravidas di Sri Guru Granth Sahib).

 

 

Bhagat BeniBhagat Beni diketahui sebagai seorang Sufi yang mempergunakan waktunya untuk berdoa dan meditasi (yang hidup di pertengahan abad 15-16). Beliau sering mengabaikan tugas rumah tangga pada saat berdoa dan meditasi. Bhagat Beni mengajar untuk menanam Nama Tuhan daripada ritual belaka atau ketegangan dari Hath Yoga. SGGS-1351 Guru Arjan Dev juga menulis bahwa Bhagat Beni mencapai Tuhan melalui Kata Suci (Word of the Shabad/ Holy Word). Bhai Gurdas juga membuat referensi mengenai Bhagat Beni di stanza ke-14 Var-10 dari Bhai Gurdas.

 

 

Bhagat Namdev (1270-1350) lahir di Maharashtra dan bapaknya adalah seorang penjahit bernama Damshet dan ibu bernama Gonabai. Beliau menikah pada umur 11 tahun dengan Rajai dan mempunyai 4 putera bernama Nara, Vitha, Gonda and Mahada dan 1 puteri bernama Limbai. Pesan spiritual Bhagat Namdev adalah pentingnya hidup kehidupan rumah tangga dan bahwa seseorang dapat mencapai penerangan/pencerahan dari pernikahan. Belaiu juga menulis karya dalam bahasa Hindi. Di Sri Guru Granth ada 61 sabda ciptaan Bhagat Namdev yang berjudul Namdevjiki Mukhbani. Nama Tuhan selalu diucap Bhagat Namdev. Beliau di minta memperlihat mukzijat oleh seorang Raja tapi beliau menolak dan kemudian diinjak se-ekor gajah mabuk. Ada batu memorial di Ghuman (Punjab) dan Sikh temple yang di bangun di Rajasthan untuk mengenang beliau.

 

Bhagat Sadhana adalah seorang penyair Muslim yang lahir pada tahun 1180 di Hyderabad (Propinsi Sindh). Beliau datang dari keluarga yang berprofesi sebagai pemotong daging. Tetapi suatu hari orang suci datang pada beliau dan meminta batu yang beliau gunakan untuk memotong daging karena batu itu ada unsur spiritual/agama. Setelah batu diambil orang suci, batu itu pun dikembalikannya dengan pesan bahwa batu itu adalah benda yang tidak hidup jadi kehidupan spiritual apa yang dapat diberikan sebuah batu. Syair yang diciptakan oleh Bhagat Sadhana di Sri Guru Granth Sahib di tulis dalam Bilawal Raga dan adalah sebuah doa kepada Tuhan untuk menjaga kehormatan pengikutNya (pelayanNya).

 

Bhagat Bhikhan (1480-1573) adalah orang suci (santa) dari India. Seperti dengan bhagat lain, pengetahuan mengenai identitas, agama dan tempat lahir Bhagat Bhikhan sangat terbatas. Ada 2 orang suci yang bernama Bhikhan pada saat itu – satu seorang muslim dan satu seorang Hindu. 2 sabda yang diciptakan beliau ada di Sri Guru Granth Sahib (SGGS-659/660) dalam Raga Sorath. Di dalam sabda tersebut, Bhagat Bhikhan menceritakan pentingnya Nama Tuhan.

 

 

 

Bhagat Parmanand kemungkinan lahir pada tahun 1483 di Maharashtra. Beliau adalah seorang pengikut manifestasi Vishnu sebagai Krishna. Ada cerita bahwa beliau menekuk lutut (untuk memuja Tuhan) 700 kali sehari. Beliau menggunakan Raag Sarang (yang di beri nama dari seekor burung yang selalu haus akan air hujan). Beliau percaya bahwa membaca dan mendengar ajaran kitab suci harus disertai oleh seva (pelayanan) sesama manusia.

 

Bhagat Sain adalah orang suci yang terpengaruh oleh Gerakan Bhakti. Beliau adalah salah satu pelajar dari Bhagat Ramanand. Beliau lahir di Amritsar dari bapak yang bernama Mukand Rai dan ibu bernama Mata Jivni. Beliau menikah dengan Sahib Devi dan mempunyai seorang putera bernama Baba Nayi. Beliau juga ingin menghentikan system kasta. Ada 1 hymne di Sri Guru Granth Sahib (SGGS-695) yang diciptakan oleh Bhagat Sain yang berarti bahwa beliau adalah jiwa yang diberkati Tuhan dan percaya pada satu Tuhan dan diakui oleh Guru-Guru Sikh.

 

 

 

 

 

 

 

Bhagat Dhanna lahir pada April 1415 di Rajasthan, India. Beliau adalah seorang peternak. Beliau suka bersama orang-orang suci dan cendekiawan. Beliau juga sering membantu orang yang membutuhkan pertolongan dan orang-orang suci dengan kesetiaan. Beliau tidak bersekolah namum beliau menjadi pelajar Bhagat Ramanand dan mendapat status tertinggi. Sri Guru Arjan Dev ji mengagumi Bhagat Dhanna untuk ketaatan yang di tunjuk beliau kepada Tuhan dan Bhagat Dhanna menjadi Gurmukh dari kebersamaan dirinya dengan para santa/orang-orang suci (Saadh Sangat). Ada 3 syair Bhagat Dhanna di Sri Guru Granth Sahib (SGGS- 487/8 dan 695).

 

Bhagat Pipa lahir di Rajasthan sekitar tahun 1425. Bhagat Pipa adalah seorang raja. Beliau bertemu Bhagat Ramanand sebagai pelajar dengan mengenakan baju yang sederhana dan kemudian pulang untuk mulai bertapa. Beliau kemudian meninggalkan kerajaannya dan mengasingkan dirinya di sebuah goa ditemani salah satu dari 12 istrinya yang bernama Sita. Setelah itu beliau merantau bersama istrinya dan menyayikan pujian Tuhan dan mengumpulkan uang untuk orang-orang miskin. Beliau percaya bahwa tidak perlu mencari Tuhan dari luar dengan berziarah tetapi Tuhan berada di dalam kuil di tubuh kita. Terdapat satu sabda dari Bhagat Pipa di Sri Guru Granth Sahib (SGGS-695).

 

 

 

Bhagat Surdas adalah seorang penyair, orang suci, musisi dan Gurmukh (Orang yang berorientasi pada Guru). Beliau hidup dari tahun 1483 sampai 1573 dekat Mathura (India) dan dibilang bahwa dia buta sejak lahir. Ada satu ayat ciptaan beliau di Sri Guru Granth Sahib (SGGS-1253) dan ada juga sabda karangan Guru Arjan Dev Ji menerangkan ayat Bhagat Surdas. Bhagat Surdas mengajar supaya pikiran kita jangan mengikuti orang-orang yang tidak taat pada Tuhan.

 

 

Bhagat Jaidev adalah seorang penyair dalam bahasa Sansekerta. Bapk dia bernama Bhoidev, Brahman dari Kanauj dan ibunya Bamdevi. Beliau lahir di Birbhum, India. Dia menjadi penyair yang paling terhormat dari 5 penyair terbaik di istana Lakshman Sen, Raja Bengal, yang membangun monumen dengan nama-nama penyair-penyair ini. Beliau juga merantau ke beberapa Negara dengan hanya membawa satu kendi air dan baju sederhana. Ada 2 hymne Bhagat JAidev di Sri Guru Granth Sahib (SGGS-526 dan 1106). Beliau juga menulis “Gitgovind”. Isteri Bhagat Jaidev, Padamawati,, lahir setelah banyak doa dan sembahan agar Ia dapat menjadi isteri seorang terhormat. Bhagat Jaidev hidup di rumah sederhana dan berkumpul bersama orang-orang suci.

 

Bhagat Trilochan, nama yang berarti bermata tiga yaitu peramal masa sekarang, masa lalu dan masa depan. Beliau suka melayani orang suci sampai Tuhan memberi seorang pelayan untuk bantu beliau melayani orang-orang suci. Pelayan tersebut di beri nama Antarjami yang berarti Pencari/Pemeriksa hati. Antarjami melayani orang-orang suci dengan cara memasak, mengambil air dan mencuci kaki mereka. Bhagat Trilochan percaya pentingnya kesucian hati dibanding mengikuti ritual/upacara belaka dan penolakan duniawi. Ada 4 sabda diciptakan oleh Bhagat Trilochan di Sri Guru Granth Sahib (SGGS – 92, 525 dan 695).

 

Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/
http://www.sikhiwiki.org/index.php
 
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday119
mod_vvisit_counterYesterday61
mod_vvisit_counterThis week304
mod_vvisit_counterLast week1342
mod_vvisit_counterThis month2616
mod_vvisit_counterLast month4453
mod_vvisit_counterAll days574695